topbella

Senin, 24 Januari 2011

Cakwe

Ayooo siapa yang gak tau Cakwe...???

Kayaknya...udah pada tau deh makanan yang kalo di Indo suka dicampur sama bubur ayam ini or mungkin cuma di makan sambil dicocol sama saus kacang.

Nah kalo di depan rumah Bee ada tukang cakwe yang beda dari yang lainnn....Apa yang ngebuat beda??? Bentuk??? Bukan...

Yups...yang ngebuat beda adalah sausnya...secara saus cakwe yang laen tuh dari saus kacang, nah kalo yang enih dari cuka plus cabe merah *rasanya eunaaaaaaak

Penasaran??? silahkan datang ke rumah Bee nti Bee tunjukkin belinya di mana.

Nah...pernah nyoba gak buat cakwe sendiri??? Ini dia resepnya


Bahan :

1. ½ kg terigu
2. 400 ml air
3. 1 sendok makan baking powder
4. 2 sendok teh baking soda
5. 1 ½ sendok teh garam
6. Minyak untuk menggoreng



Cara Membuat :

1. Masukkan baking powder, baking soda dan garam ke dalam baskom lalu masukkan air dan aduk rata.

2. Masukkan terigu dan aduk rata. Biarkan 15-20 menit

3. Ambil adonan yang di pinggir baskom lalu dipindahkan ketengah-tengah adonan lalu biarkan lagi 15-20 menit.

4. Terus lakukan ini 3-4 kali sampai adonan menjadi halus dan elastis

5. Balik adonan dan beri sedikit minyak di permukaan nya supaya adonan tetap lembab selama 1 jam

6. Angkat adonan dari baskom lalu dibungkus dengan plastik dan bentuk persegi panjang. Diamkan lagi selama 1jam

7. Kalau membuat adonan lebih dari ½ kg, potong adonan dan pisahkan setiap ½ kg lalu dibungkus plastik

8. Buka bungkus plastik adonan. Dengan batang kayu bulat, tekan adonan dan bentuk persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebalnya mm. Setelah itu potong adonan pipih tadi sebesar 0,75cm sampai habis.

9. Lalu letakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi dua kemudian gunakan tusuk sate tekan bagian tengahnya yang memanjang. Dengan demikian kedua potongan tadi menempel jadi satu. Selesaikan semua potongan.

10. Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang. Dengan dua tangan ambil kedua ujung potongan tadi lalu tarik sampai kira-kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu masukkan kedalam penggorengan dan goreng sampai cakwe mengembang dan bolak-balik sampai cakwe menjadi kecoklatan


*Untuk saus silakkan diserahkan pada masing-masing...mo buat sambel kacang or sambel cuka. Yang pasti Bee lebih suka sama sambel cuka :D

Tapi tau gak sih?? Sebenernya Cakwe itu berasal dari mana???

Hehehehe...dari namanya ajah dah bisa ketebak ya...Yupssss..betullll! Cakwe berasal dari negri tirai bambu. Nah ternyata cakwe ini punya lagenda loh, beginilah ceritanya:

Di jaman Dinasti Song, suku Jin dari Utara sangat kuat, mereka beberapa kali menyerbu negeri Song. Kemudian Kerajaan Song dikalahkan dan kaisar Wei dan Xin ditangkap. Kemudian raja Kang mendirikan dinasti Song Selatan. Di masa kaisar Gao dari Song Selatan, sekali lagi diserbu secara besar-besaran oleh suku Jin dan menduduki sebagian besar daerah utara dari sungai Chang Jiang (Yang Tse). Untungnya ada seorang jenderal yang bernama Yue Fei ( bahasa Hokkian Gak Hui, sering menjadi inspirasi kepahlawanan dalam serial silat) memimpin tentara Song untuk melawannya dengan gigih, disamping itu dia melindungi ibu kota Song Selatan. Dia dengan patriotiknya membela negaranya dan telah mengambil kembali banyak daerah Song yang telah diduduki oleh tentara kuda Jin yang terkenal.

Sayang sebelum dia dapat mengambil kembali ibu kota Song yang dahulu, hanya masih kira-kira 22 kilometer jaraknya. Waktu Gak Hui akan melewati Sungai Kuning bagian utara, Jenderal Yue Fei dipanggil pulang secara mendadak oleh raja Gao. Raja Gao mendengar kata-kata pengkhianat yang bernama Qin Kuai (Chin Kwe) yang membisiki raja dengan perkataan bahwa Gak Hui kalau menang akan mengundang kembali kaisar Wei dan Xin yang masih ditangkap oleh suku Jin untuk naik tahtanya kembali. Maka kalau raja tidak mengambil tindakan sekarang, kedudukan raja Gao akan susah dipertahankan. Chin Kwe juga mengatakan bahwa Jenderal Gak Hui akan memberontak dan menganjurkan agar Gak Hui ditangkap segera kalau datang, lalu dibunuh.

Kematian Gak Hui membuat marah semua rakyat dan menganggap Chin Kwe sebagai pengkhianat negara. Ada orang yang membenci Chin Kwe membuat model manusia dari tepung terigu yang mencerminkan Chin Kwe dan istrinya, disatukan jadi satu, lalu di goreng dan dimakan. Dahulu makanan ini dinamakan Yu –Zha (goreng dengan minyak) Qin Kuai, lalu diringkas menjadi Yu Zha Kuai (Hokkian Yu Cah Kwe), menjadi lebih singkat lagi Cah kwe atau Yutiao (Mandarin). Ini dilakukan sebagai simbolisasi kebencian rakyat atas Chin Kwe, ganyang Chin Kwe dan istrinya!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

waaahh saya sih daripada pusink mending ngeluarin uang goceng dah dapet cakuwe yg mengenyangkan ckckckck

ct_nacHan mengatakan...

selanjutnya..
marilah kita memasak karee kodok ala chef rina...

Posting Komentar

Foto saya
If you wanna know about me just read my personal blog...
 
MeChieBee© Designed by: Compartidisimo